Senin, 28 November 2011

Peran pemasaran dalam perusahaan dan masyarakat


PENGERTIAN PEMASARAN
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.

PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN

Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan( yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir ) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif.

PERAN PEMASARAN DALAM ORGANISASI
Menurut Webster jr

Peran pemasaran di tinjau dari 2 tipe yaitu jenjang organisasional dan jenjang manajerial.

Jenjang organisasional : berkaitan dengan peran pemasaran sebagai kultur, sebagai strategi dan sebagai taktik
Jenjang organisasi dibagi 3 :



Jenjang manajerial : berkaitan dengan peranan manajeman pemasaran dalam mengimplemantasikan fungsi-fungsi manajeman yang di dukung oleh keterampilan manajemen tertentu, yang di perlukan untuk menunjang kelancaran proses manajemen.

Jenjang manajerial di bagi 3:

-          Manajemen puncak, bertugas : sebagai pisat pemantau, pengambil keputusan akhir, pengendali, harus memiliki kemampuan konseptual dan sedikit keterampilan teknis.peranan dalam proses manajemen  adalah ; menentukan tujuan perusahaan, penentuan fungsi berupa tugas2

-          Manajemen menengah, bertugas : pemberi informasi/wakil anggota, harus memiliki kemampuan konseptual lebih banyak.peranannya dalam proses manajemen; kegiatan pemberian perintah,motivasi, penentuan system dan prosedur

-          Manajemen bawah , bertugas: sebagai symbol andalan,pemimpin dan penghubung ,harus lebih banyak memiliki kemampuan teknis.perananya dalam proses manajemen ; proses pengawasan meliputi penentuan standar, suervisi dan evaluasi.

KONSEP  PEMASARAN
konsep inti pemasaran meliputi :
  
 
  TANGGUNG JAWAB MANAJER PEMASARAN DALAM ORGANISASI
  1. Merencanakan strategi pemasaran.
  2. Mengadakan pembinaan dan pengembangan jalur pemasaran.
  3. Menyelenggarakan riset pasar
  4. Mengupayakan dan memenuhi undangan tender yang didapat.
  5. Mengkoordinasikan proses penawaran dengan fungsi terkait.
  6. Menyajikan informasi harga perkiraan dari pemilik/pesaing.
  7. Melaksanakan penerapan sistem manajemen mutu yang dikembangkan perusahaan.
  8. Membina fungsi di lingkungannya dan SDM yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan arah perkembangan perusahaan.
  9. Melaksanakan koordinasi dengan pihak eksternal yang terkait dengan fungsi pemasaran dalam rangka upaya optimalisasi perolehan pesanan, undangan tender.
  10. Evaluasi tender yang kalah dan kondisi pasaR
PERAN PEMASARAN DALAM MASYARAKAT

Masyarakat mempunyai kebutuhan terhadap peningkatan kualitas kehidupannya yang semakin baik di masa kemudian. Masyarkat sebagai pihak eksternal merupakan sasaran pemasaran produsen dalam lingkup makro. Kualitas kehidupan secara makro yang lebih baik dapat diciptakan dan tersebar dalam masyarkat. Usaha-usaha tersebut merupakan kegiatan pemasaran makro-eksternal yang sering disebut pemasaran makro. Pemasaran makro adalah proses penyebaran dan pengembangan kualitas hidup masyarakat.

Perekonomian akan semakin berkembang apabila arus barang mengalir lancar dari produsen ke konsumen. Peningkatan kegiatan masyarakat produsen dan kesinambungan antara permintaan masyarakat konsumen dan penawaran masyarakat produsen.

Pemasaran saat ini menempatkan fokus yang kuat pada pemasaran berorientasi pelanggan.

Pemasaran berperan penting dalam masyarakata dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari, menawarkan peluang yang luar biasa sebagai profesional. Pemasaran peluang karirada juga dalam organisasi non bisnis, termasuk rumah sakit,museum,universitas,pemerintah dan lembaga pelayanan sosial.


PEMASARAN DALAM LINGKUNGAN YANG BERUBAH

Dalam lingkungan yang berubah, manajemen pemasaran harus dapat berusaha agar produk yang di keluarkan oleh perusahaan dapat bertahan di pasar.Ada beberapa kiat yang harus di lakukan manajemen pemasaran untuk mempertahankan produknya di lingkunag yang berubah yaitu membuat rencana pemasaran, berikut langkah-langkahnya:

  • Mendefinisikan situasi bisnis
  • Mendefinisikan segmen pasar
  • Mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan produk
  • Penetapan tujuan dan sasaran
  • Mendefinisikan strategi pemasaran
  • Monotior kemajuan usaha pemasaran
sumber :
http://lydia14211185.wordpress.com/2011/11/06/catatan-perkuliahan-1-peranan-pemasaran-dalam-perusahaan-dan-masyarakat/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar